About

Friday, October 10, 2014

Soal kisi-kisi WEBSERVER





1.    Sebutkan ragam web server yang ada !
2.    Sebutkan feature pendukung yang dimiliki oleh Apache !
3.    Sebutkan kelebihan dari Apache web server dibanding yang lain !
4.    Apa yang dimaksud dengan virtual host !
5.    Sebutkan beberapa keuntungan menggunakan virtual host !
6.    Jelaskan program simulator XAMPP
7.    Sebutkan macam-macam brouser
8.    Jelaskan apa yang dimaksud brouser
9.    Jelaskan Program aplikasi dari :
    a.    Web server
    b.    Mail server
    c.    ftp server
10.    Jelaskan Protokol yang digunakan untuk akses internet:
    a.    HTTP
    b.    HTML
    c.    POP3
    d.    TCP/IP
11.    Jenis-jenis media yang di gunakan backup.
12.    Jelaskan istilah di internet di bawah ini:
    a.    Upload
    b.    Download
    c.    Downstream
    d.    Upstream
    e.    Transfer

13.   Apa keuntungan dan kerugian backup dan recovery!

14.   Sebutkan aplikasi yang digunakan untuk membagun web server

15.    Sebutkan aplikasi yang digunakan untuk membagun web cms

















Jawaban

1.          Apache

o   Apache merupakan Aplikasi Web Server yang paling banyak digunakan saat ini, selain dapat berjalan di banyak Operating System seperti Windows, Linux dan lainya, Apache juga bersifat Open Source alias Gratis. Secara default Apache menggunakan Script PHP dan menggunakan MySQL sebagai Data Base nya dan kesemuanya itu dapat di gunakan secara Gratis pula,



o   Apache Tomcat

o   Apache tomcat adalah server web berbasis opensource yang mendukung untuk penggunaan JSP (Java Server Pages). Secara default, server tomcat ini belum memiliki package admin, sehingga tidak ada akses untuk admin. Yang ada hanyalah tomcat manager untuk memdeploy aplikasi web melalui file .war dari java web.



o   WB SERVER IIS

o   IIS atau Internet Information Services atau Internet Information Server adalah sebuah HTTP web server yang digunakan dalam sistem operasi server Windows, mulai dari Windows NT 4.0 Server, Windows 2000 Server atau Windows Server 2003. Layanan ini merupakan layanan terintegrasi dalam Windows 2000 Server, Windows Server 2003 atau sebagai add-on dalam Windows NT 4.0. Layanan ini berfungsi sebagai pendukung protokol TCP/IP yang berjalan dalam lapisan aplikasi (application layer).



o   Web server LIGHTTPD

o   Lighttpd bersifat open source dan didistribusikan dengan lisensi BSD. Lighttpd mengklaim dirinya sebagai web server yang “memakan” sedikit space memori jika dibandingkan dengan web server lain. Selain itu lighttpd mempunyai kemampuan untuk mengatur cpu-load secara efektif dan beberapa fitur advance seperti FastCGI, SCGI, Auth, Output-Compression, URL-Rewriting dan lain-lain

``                      Web server Jigsaw

o   Jigsaw adalah (W3C) World Wide Web Consortium’s terdepan platform web server. Ini adalah berfungsi penuh, berorientasi objek server web yang ditulis di Jawa yang menyediakan sampel HTTP 1.1 implementasi, dan menawarkan berbagai fitur di atas arsitektur maju.



o   Sun Java System Web Server

o   Sun Java System Web Server merupakan perangkat lunak infrastruktur yang canggih yang tersedia tanpa biaya



o   Zeus Web Server

o   Zeus Web Server adalah server web proprietary untuk Unix dan Unix-seperti platform (saat Solaris, FreeBSD, HP-UX dan Linux). Dukungan untuk AIX, Tru64, dan Mac OS X dijatuhkan pada tanggal 10 Juni 2008. zeus tampaknya mati karena belum diperbarui sejak Januari 2010 , dan perusahaan tidak lagi menawarkan solusi server yang sama.,



o   Xitami Web Server

o   Xitami adalah web server untuk beberapa sistem operasi, baik Windows 3.x, Windows 9x, Windows NT, OS/2, Digital OpenVMS, serta UNIX dan variannya..




2.      Ada beberapa Aplikasi Apache yang dapat berjalan di Windows yaitu :

l  Apache2 triad

l  XAMPP

l  WAMPP

l  DLL

Di Linux pun ada beberapa Aplikasi Apache,yaitu :

  l  LAMPP


3.      Kelebihan Web Server Apache

   Apache termasuk dalam kategori freeware.

   Apache mudah sekali proses instalasinya jika dibanding web server lainnya seperti NCSA, IIS, dan lain-lain.

   Mampu beroperasi pada berbagai paltform sistem operasi.

 Mudah mengatur konfigurasinya. Apache mempunyai hanya empat file konfigurasi.

   Mudah dalam menambahkan peripheral lainnya ke dalam platform web servernya.




4.        Merupakan salah satu cara untuk mengatur banyak URL (Universal Resorce Locator) didalam satu web server atau juga mesin (salah satu feature dari webserver apache yang memungkinkan memiliki beberapa hosting webside disatu web server dimana masing – masing punya nama domain sendiri) (http://yunianto.com/tutorial/virtual-host/)



5.      Keuntungan Virtual Host



·         Menghemat hardware yang digunakan, dengan menghemat hardware berarti kebutuhan ruang,kebutuhan energy dan dana yang dikeluarkan berkurang.

·         Dengan satu server yang digunakan akan memdahkan perawatan dan memudahkan proses back up. (http://arfkomunika.blogspot.com/2014/05/keuntungan-dan-kerugian-menggunakan.html)

6.      Simulator XAMPP

program yg berfungsi untuk menyimulasikan suatu aplikasi XAMPP,atau alat untuk melakukan simulasi; alat yg dapat menyimulasikan aplikasi XAMPP.


         7.        GOOGLE CHROME
              Google Chrome merupakan browser buatan Google. Pada interfacenya terlihat      bahwa google ingin para penggunanya lebih fokus pada web dan melupakan browser yang digunakan. Ini artinya google chrome memiliki tampilan yang tidak mengusik dan nyaman ketika sedang digunakan.



                COMODO DRAGON
              Comodo Dragon merupakan salah satu chrome based browser yang benar – benar berfokus pada security dan privacy anda saat browsing di internet. Fitur comodo dragon antara lain meningkatkan keamanan privacy anda, SSL certificate identification, stabilitas yang lebih tinggi, incognito mode stops cookies.



                 NETSCAPE
               Netscape merupakan salah satu program browser yang digunakan untuk menjelajah dunia internet. Versi pertama dari netape dibuat pertama kali dengan nama Mosaic oleh National Center Of Supercomputing Aplication di Urbana Champaign.

                 FLOCK
             Flock adalah web browser yang dibangun dengan code mozila firefox yang web browser ini khususkan menyediakan social networking dan web 2.0. Flock didesain untuk memudahkan aktivitas online pengguna internet mengatur beberapa secial networking, web mail, news feeds dan blogs yang mereka miliki

                SEA MONKEY
             Sea Monkey atau lengkapnya Mozilla Sea Monkey adalah suatu internet suite, yang merupakan gabungan web browser untuk menjelajah internet, e-mail client untuk menerima dan mengirim e-mial, news client untuk menerima berita dan HTML editor untuk menyunting halaman – halaman website yang menggunakan HTML ( Hyper Text Mark-Up Language ).

                MAXTHON
              Maxthon awalnya dikenal sebagai MyIE2, adalah sebuah browser web gratis untuk Microsoft Windows. Rilis terbaru, Maxthon 3, mendukung baik Trident dan Webkit mesin render.

                MOZILLA FIREFOX
Mozilla Firefox bernama Pheonix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird adalah penjelajah web antar platform gratis yang dikembangkan oleh yayasan Mozzila dan ratusan sukarelawan. Sebelum rilis versi 1.0.-nya pada 9 November 2004, Firefox telah mendapatkan sambutan yang sangat bagus dari pihak media, termasuk dari Fordes dan Wall Street Journal dengan lebih dari 5 juta download dalam 12 hari pertama rilisnya dan 6 juta hingga 24 November 2004. Firefox 1.0 adalah salah satu perangkat lunak gratis, sumber – terbuka ( open – Source ) yang paling banyak digunakan diantara pengguna rumahan.

SAFARI
Safari dibuat oleh Apple Inc, perusahaan yang juga memproduksi computer macintosh, ipod, dan juga iphone. Dibangun dengan browser engine webkit. Webkit juga adalah browser engine pertama yang lulus test Acid3.

SILVER LIGHT
Microsoft silver light adalah sebuah kerangka aplikasi untuk menulis dan menjalankan aplikasi internet kaya, dengan fitur dan tujuan mirip dengan Adobe Flash.

                     OPERA
                Opera dikembangkan oleh software company adalah salah satu Web Browser dan juga internet suite. Jika firefox punya add – ons, Opera punya “Opera Widgets”. Sebuah aplikasi web kecil yang dilankan bersamaan dengan Opera yang mempunyai kegunaan tertentu, layaknya Add – Ons Firefox.

                K – MELEON
           K – Meleon merupakan salah satu browser gratis yang open source, dimana para pengembangnya bis dating dari seluruh dunia. Browser ini boleh dikatakan sebagai salah satu browser yang bagus, karena sifatnya yang open source sehingga memungkinkan para penggunanya untuk memodifikasi atau mengkostumise browser tersebut sehingga sesuai dengan keinginannya.

             INTERNET EXPLORER
             Windows Internet Explorer sebelumnya dikenal sebagai Microsoft Internet Explorer, disingkat IE atau MSIE adalah sebuah peramban web dan perangkat lunak tak bebas yang gratis dari Microsoft, dan disertakan dalam setiap rilis system operasi Microsoft Windows tahun 1995. Internet Explorer hingga kini masih merupakan browser web yang paling banyak digunakan, meliputi 93,7 % dari keseluruhan penggunaan browser menurut sebuah perusahaan penganalisa web Web Side Story. (http://bondengnice.wordpress.com/2013/05/09/12-macam-browser-beserta-kelemahan-dan-kelebihannya/)

8.       Web Browser adalah suatu program yang digunakan untuk menjelajahi dunia Internet atau untuk mencari informasi tentang suatu halaman web yang tersimpan di computer. (http://ayuanggrianih.wordpress.com/tugas-kuliah/tugas-i-jaringan-interner/3-apa-yang-dimaksud-dengan)
9.         A. Web Server
Web Server adalah sebuah perangkat lunak server yang berfungsi menerima
permintaan HTTP atau HTTPS dari klien yang dikenal dengan web browser dan
mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman-halaman web yang umumnya
berbentuk dokumen HTML.


B . Mail Server
Mail server adalah Perangkat lunak program yang mendistribusikan file atau informasi sebagai respons atas permintaan yang dikirim via email, juga digunakan pada bitnet untuk menyediakan layanan serupa FTP


C. FTP Server
FTP Server adalah suatu server yang menjalankan software yang memberikan layanan tukar menukar file dengan selalu siap memberikan layanan FTP apabila mendapat request dari FTP client.


10.     a.    HTTP
HTTP (Hypertext Transfer Protocol) suatu protokol yang digunakan oleh WWW (World Wide Web). HTTP mendefinisikan bagaimana suatu pesan bisa diformat dan dikirimkan dari server ke client.(http://id.wikipedia.org/wiki/Protokol_(komputer))


   b.    HTML
HTML (Hyper Text Markup Language) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet.( http://gobalbabali.wordpress.com/tugas-sekolah/pengertian-html-http-url-ftp-domain-hosting-dan-www/)


                 c.    POP3
POP3 (Post Office Protocol) POP3 adalah kepanjangan dari Post Office Protocol version 3, yakni protokol yang digunakan untuk mengambil email dari email server. Protokol POP3 dibuat karena desain dari sistem email yang mengharuskan adanya email server yang menampung email untuk sementara sampai email tersebut diambil oleh penerima yang berhak. (http://id.wikipedia.org/wiki/Protokol_(komputer))


d.    TCP/IP
TCP/IP (singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol)


Adalah standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet. (http://dinda-rompas.blogspot.com/2012/11/pengertian-dan-jenis-jenis-protokol.html

11.  Floppy disk, untuk data dg ukuran yang kecil dan jangka waktu tidak terlalu lama.compact disk (CD), untuk ukuran data dengan kapasitas maksimal 700 Mega Byte untuk jangka waktu lama. Ada dua macam CD yaitu CD ROM dan CD RW.
Flash disk, untuk kapasitas maksimum 1 GB.
Tape Magnetik, yang paling banyak digunakan terutama untuk data dengan kapasitasbesar. Media ini cara baca dan tulisnya harus secara urut. Tak bias acak seperti pada media storage lain.
Hard disk yang dikhususkan hanya untuk menyimpan data back up dan tidak disambung tetap pada komputer work sehingga tidak tertular virus.( http://backuprestoretkj.wordpress.com/back-up/
12.       a.    Upload adalah proses pengiriman atau transfer file dari media penyimpanan yang terdapat di komputer Client yang dipakai oleh user ke sebuah situs web di internet.( http://monicanatalia03.blogspot.com/2012/12/istilah-istilah-dalam-internet-dan.html)


    b.    Download adalah proses pengambilan atau transfer file dari sebuah situs web internet ke media penyimpanan yang terdapat di komputer Client yang dipakai oleh user. http://monicanatalia03.blogspot.com/2012/12/istilah-istilah-dalam-internet-dan.html

         c.    Downstream istilah yang merujuk kepada kecepatan aliran data dari komputer lain ke komputer lokal melalui sebuah network . Istilah ini merupakan kebalikan dari upstream.( http://www.jaringankomputer.org/kamus-istilahinternet-istilahjaringankomputer/)
    d.    Upstream adalah kecepatan data dari router ADSL ke ISP. Sementara, downstream adalah kecepatan data dari ISP ke router ADSL.( http://mik-info.blogspot.com/2011/05/pengertian-upstream-dan-downstream.html)
e.    Transfer adalah proses pegiriman data.
13.  Kelebihan Backup Data:
·      Membutuhkan waktu yang lebih singkat.
·      Jika banyak melakukan incremental backup, maka data yang di backup semakin kecil ukurannya.
·      Backup lebih cepat daripada full backup dan membutuhkan tempat sementara yang lebih kecil daripada yang dibutuhkan oleh full backup.
Kekurangan Backup Data:
·      Waktu untuk restore sangat lama.


Kelebihan Data Recovery:
·      Data yang hilang dapat kembali.
·      Dapat mencari data yang sudah tidak dapat di-recover.
·      Dapat mencari data pada hard disk yang sudah di-format.
Kekurangan Data Recovery:
·      Jika tempat file hilang dan di ketahui orang maka file tersebut tidak dapat kembalikan lagi. ( http://ikevidia.blogspot.com/2013/01/backup-dan-recovery-kelebihan-dan_18.html )
14.  ->Net Bean, Netben merupakan sebuah software editor free untuk mengembangkan Aplikasi Java, jangan salah netben juga mendukung untuk mengembangkan Aplikasi Web dengan PHP, Netbean cukup mudah digunakan.
->Xampp, XAMPP merupakan tool yang menyediakan paket perangkat lunak ke dalam satu buah paket.XAMPP dibagi menjadi beberapa yaitu:
a. Server Apache, yang nanti digunakan untuk lokal web server, dengan server apache terinstal dikomputer Anda, Anda nanti bekerja di komputer secara lokal, Aplikasi Web Anda cukup di uji coba di komputer lokal saja tanpa harus di Upload ke web server internet secara langsung.


b. PHP, php adalah interpreter yang nanti akan menterjemahkan source kode php agar dapat di baca oleh browser untuk di tampilkan


c. My SQL, adalah sebuah sofware basis data server untuk menyimpan data aplikasi web yang akan dikembangkan.


d. PHP my admin, adalah aplikasi kecil untuk mengatur, dan mengelola basis data MYSQL agar lebih mudah untuk di gunakan. (http://strukturkode.blogspot.com/2013/04/sofware-yang-dibutuhkan-untuk.html)

15.   -> Wordpress  merupakan CMS yang sebenarnya lebih ditujukan untuk blogging
->  Joomla merupakan CMS yang lebih kompleks daripada WordPress. Jika dibandingkan dengan WordPress, pengaturan Joomla sedikit lebih rumit.
-> Drupal merupakan CMS yang paling tua diantara semua CMS diatas. Dibuat pada tahun 2001 dan sempat booming sebelum akhirnya WordPress dan Joomla muncul.

0 comments:

Post a Comment

 

Subscribe to our Newsletter

Contact our Support

Email us: youremail@gmail.com

Our Team Memebers